Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Dosen IAI Al-Khoziny Buduran Sidoarjo

(Sidoarjo, 5 Meri 2018) Institut Agama Islam (IAI) Al-Khoziny mengadakan pelatihan menulis artikel ilmiah popular untuk dosen. Para dosen diharapkan terbiasa menulis jurnal ilmiah tingkat nasional dan internasional.“Padahal dibutuhkan penyebaran ilmu pengetahuan sesuai dengan keilmuan masing-masing. Tentu saja dengan bahasa yang lebih ringan dan dapat dipahami segala lapisan masyarakat,” ungkap Wakil Rektor 1, Drs. H. Syaifuddin, dalam sambutan pembukaan acara.

Acara yang berlangsung di Kampus 1 tersebut diharapkan mampu memotivasi lebih banyak dosen untuk menulis di media. Sejumlah dosen telah banyak menulis di media, namun banyak juga yang belum secara produktif rutin menulis. Salah satu yang cukup produktif menulis adalah Dr. M. Sholahuddin. Seorang dosen Fakultas Tarbiyah yang pada kesempatan tersebut turut menyampaikan pengalamannya menulis di media.

Menurut Solahuddin, menjadi penulis harus sabar dan harus mengenal media yang dituju.  Penulis harus mengenal karakter media tersebut agar tidak salah sasaran. “Setiap media memiliki ciri dan kebutuhan masing-masing,” ujarnya membagi informasi. Lebih lanjut Norma menambahkan, untuk dapat ditayangkan di sebuah media, tulisan harus aktual dan dilengkapi dengan fakta serta data yang akurat. Tak boleh terlewatkan, analisis harus tajam dan menarik diikuti.

Dari Pelatihan menulis artikel ini, diharapkan angka publikasi dosen Al-Khoziny semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *